Thursday, March 27, 2014



MotoGPUpdate.com – Bagian yang selalu mencolok dalam ajang dunia balap MotoGP adalah para pembalap dan tampilan motor elegan yang membuat mata ini ingin sekali memiliki motor yang fantastis tersebut. Tak hanya itu, aksi – aksi salip menyalip antara para pembalap yang tak gentar di setiap duelnya menambah MotoGP menjadi ajang balap yang paling digemari diseluruh dunia. Teknologi yang canggih, motor yang cepat dan tak ada di pasaran, pembalap yang brilliant dan cerdas, wanita yang cantik yang salalu menghiasi di setiap gridnya menambah sempurnanya ajang balap ini.

Ngomong – ngomong soal wanita cantik nih, MotoGP tak pernah luput dihiasi wanita – wanita cantik yang salalu membawa payung bagi para pembalap yang telah memasuki lintasan menuggu balapan dimulai. Bahkan wanita – wanita cantik ini juga berada pada podium kehormatan yang biasanya membawakan piala dan minuman keras untuk selebrasi para pembalap di podium.

Yah, kita kenal wanita – wanita cantik ini dengan sebutan Paddock Girl atau Umbrella Girl. Wanita – wanita cantk ini tak hanya bertugas memayungi para pembalap lho, namun masih ada beberapa tugas mereka selain itu. Yuk mari kita bahas lebih dalam apa, siapa dan apa tugas seorang paddock girl.

Siapa itu Paddock Girl ?



Istilah Paddock Girl selalu menjadi perbincangan dan dari mana asal usulnya. Ada beberapa referensi yang mengatakan bahawa paddock girl ini telah ada sejak sebelum adanya balapan kendaraan bermotor yang pada saat itu masih banyak – banyaknya kompetisi balapan berkuda. Namun sumber ini tak begitu jelas tidak menyebutkan sumbernya dari mana.

Well, daripada kita ribut gara – gara wanita cantik ini, mari kita telusuri lebih dalam tentang Paddock Girl ini.

Paddock girl adalah kumpulan gadis – gadis muda yang berpakaian seksi yang di sewa oleh pihak sponsor untuk mempromosikan sponsor mereka, biasanya lewat baju yang mereka kenakan dan untuk memayungi para pembala agar tidak kepanasan saat menunggu balapan dimulai.

Paddock girl tak semata – mata datang dan pergi di setiap ajang balap, khsusunya MotoGP. Paddock girl bisa dibilang semacam Sales Promotion Girl (SPG) kalau di dunia penjualan dan promosi. Namun tak hanya itu, Paddock Girl memiliki tugas – tugas utama yaitu memayungi para pembalap yang sudah memasuki lintasan dengan gridnya masing – masing menunggu balapan dimulai.

Pembalap yang telah berada di grid dan menunggu balapan dimulai biasanya mengalami kebosanan, mengantuk, bahkan kepanasan jika pembalap tersebut sulit beradaptasi dengan cuaca negara tersebut.dan disini paddock girl bertugas memberikan peneduh dgn menggunakan payung biar pembalap tidak kepanasan.

Umbrella Girl istilah lain dari Paddock Girl biasanya dinaungi oleh beberapa perusahaan penyedia jasa yang bisa dibilang perusahaan tersebut merupakan agen yang menyalurkan wanita – wanita cantik ini ke pihak yang membutuhkan. Biasanya pihak pemesan memberikan kriteria wanita seperti apa yang ingin mereka sewa untuk memayungi pembalap.

Paddock girl biasanya di bayar dengan upah per hari. Upah mereka tergantung dari Negara penyelenggara balapan dan level balapan tersebut. Contohnya, bayaran untuk ajang MotoGP lebih mahal daripada ajang Superbike. Rata – rata, gadis muda ini digaji lebih dari 2 juta rupiah per hari selama 7 jam.

Persyaratan menjadi Paddock Girl tak semudah yang terlihat. Beberapa persyaratannya adalah usia muda, berpenampilan menarik, memiliki bakat modeling dan fotogenik, mau berpakaian minim sesuai ketentuan penyewa dan tahan terhadap sengatan matahari.

Mengapa Paddock Girl Selalu Berpakaian Seksi?



Penampilan Paddock Girl ditentukan oleh pihak penyewa yang bersangkutan. Biasanya sih yang menyewa mereka adalah sponsor utama dari beberapa tim di ajang MotoGP. Seperti Yamaha, Tech 3 Monster Energi, para wanita cantik tersebut mengenakan pakaian yang berlogo Yamaha atau logo Monster Energi.

Yang jadi pertanyaannya adalah mengapa mereka memakai pakaian seksi? Hal ini bertujuan untuk mempromosikan sponsor yang menyewa mereka dan juga sebagai ajang promosi diri untuk jenjang karir yang selanjutnya.

Sebagai contoh untuk ajang MotoGP, Yamaha Tech 3 adalah satu dari beberapa tim yang menyewa Paddock Girl paling seksi dan menggunakan pakaian paling minim. Hal ini bertujuan untuk mendongkrak penjualan minuman berenergi yang menjadi sponsor utama Yamaha Tech 3 itu sendiri, karena semakin seksi wanita tersebut semakin banyak orang yang akan melihat dan saat itulah ada peluang bagi penonton untuk membeli minuman tersebut.

Tak hanya menguntungkan bagi pihak sponsor, ini juga menguntungkan bagi Paddock Girl tersebut, yaitu membuka peluang bagi mereka untuk penawaran menjadi foto model terkenal di salah satu perusahaan fotografi terkenal yang berkecimpung di ajang balap MotoGP.
Tugas – tugas Paddock Girl

Seiring perkambangan waktu, tugas Paddock Girl pun tak hanya memayungi pembalap, bahkan saat ini paddock girl juga diberi kehormatan untuk memberikan minuman keras kepada pembalap di podium untuk melakukan selebrasi. Terkadang mereka juga disewa untuk menemani tim pemenang untuk merayakan kemenangan mereka setelah selebrasi.

Di beberapa hari sebelum balapan biasanya para paddock girl yang di undang atau disewa oleh sponsor dan tim MotoGP biasanya diminta untuk mengikuti sesi pemotretan dengan memperkenalkan sponsor atau produk yang bersangkutan.

Tak heran begitu banyak gadis muda terutama yang ingin berkiprah dii dunia modeling, rela mengitu dan membayar agen demi bisa tampil sebagai paddock girl di ajang balapan dunia terutama MotoGP.

BONUS GAAAANNN...



























0 komentar:

loading...
Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!